Hydrogen Dry Cells Generator


Gas Hydrogen digunakan untuk penghemat bbm (Fuel saver).

Hydrogen merupakan innovasi untuk menambah jarak tempuh kendaraan bermotor, digunakan sebagai supplement bahan bakar, hho tidak menggantikan bbm, tetapi dapat menyempurnakan pembakaran dengan meningkatkan octance, mengurangi mesin nglitik (knocking), mengangkat carbon deposit yg diakibatkan fuel yang tidak terbakar dalam mesin, meningkatkan torsi mesin, menurunkan temperature, dan merupakan fuel saver (penghemat bbm- 20-60 %).

Hydrogen ditambahkan/ dimasukkan pada air intake kendaraan bensin maupun solar/diesel.


Specifikasi HHO generator yang perlu diperhaikan:

Berapa watts tenaga listrik yang diperlukan mampu menghasilkan berapa liter gas hydrogen per menit, (LPM - liter per minute) Idealnya volume hho yang dimasukkan minimal 50% dari volume mesin,( misalnya mobil 1000cc sebaiknya hho yang dimasukkan minimal 500 cc atau 0,5 LPM.), lebih baik lagi 1 liter hho / menit untuk 1 liter mesin.


Berapa efisiensi yang dicapai generator hho tersebut ?

Angka efisiensi ini menunjukkan milliter / menit / watts (mmw) yaitu berapa milliliter per menit gas bisa dihasilkan ,dengan berapa wats listrik yang diperlukan, semakin tinggi angka ini semakin baik kerja generator hho.


Dry Cell yang kami buat ada 2 type, kami sesuaikan dengan kebutuhan mesin




2N4.15plat Stainless steel 304, 11 plat, 4 netral, luas plat 15X15 cm

Hydrogen yang dihasilkan : 0,6 -1,1 LPM pada arus listrik : 5-12,5 ampere dan tegangan : 13,5 volt, mmw : 5,2


2N4.20plat Stainless steel 304, 11 plat, 4 netral, luas plat 20X20 cm.

Hydrogen yang dihasilkan : 0,8 – 2,2 LPM pada arus listrik : 5 – 26 Ampere dan tegangan : 13,5 volt, mmw : 6,2


Satu unit HHO generator terdiri dari :

  • Generator hydrogen, ( 2N4.15 , 2N4.20, atau 2N5.15, 2N5.20 )
  • Tanki reservoir untuk larutan katalis ( aquades dan KOH ) kapasitas 1 liter, berfungsi juga sebagai bubler pertama.
  • Slang plastic transparan 2 meter
  • Relay switch 30 A, Fuse /sekering 30A, kabel 2 meter, pipa kapiler tembaga 2mm, Kalium hydroxide (KOH) untuk 1 liter aquades.
  • Tabung Bubbler dan Check valve.


Pemasangan HHO Dry cell generator.


Pemasangannya sangat mudah, karena tidak perlu merubah setelan mesin lainnya, upayakan penempatannya terhindar dari sumber panas, lebih baik lagi kalau mendapat angin langsung dari luar, misalnya didepan radiator. Hydroxy (hho:hydrogen-hydrogen-oxygen) adalah gas yang sangat ringan dan merupakan atom H 2 dan O yang dihasilkan dari proses electrolisa, maka sangat perlu diperhatikan kemungkinan-2 kebocoran , karena bila terjadi sedikit kebocoran hydrogen tidak akan sampai ke system pembakaran dan tidak akan ada hasilnya.


Kebocoran ini dapat kita lihat gelembung gas yang terjadi ditabung bubbler kedua, apabila di bubbler kedua ini cukup banyak gelembung gas keluar berarti tidak terjadi kebocoran pada rangkaian sebelumnya, dan sebaliknya apabila tidak terlihat atau sangat sedikit perlu dicheck tutup tanki,dan sambungan-2 slang, mungkin kurang rapat. Setelah rangkaian Dry cell terpasang dengan benar, masukkan larutan katalisnya ( aquades dan KOH ) ke tabung tanki sampai batas yang ada tunggu sampai larutan memenuhi generator drycell, letak drycell harus selalu lebih rendah dari tanki, agar lrutan bisa megalir masuk ke generator, karena sifat hydrogen yang ringan dan selalu bergerak keatas, maka dengan sendirinya akan naik keatas kembali ke tanki reservoir bersama laruratan tanpa perlu dipompa dari luar, proses ini terus berjalan selama generator mendapat aliran listrik. Sirkulasi larutan katalis ini mengurangi panas ,sehingga efisiensinya sangat baik bila dibandingkan dengan system wet-generator hho (generator hho yang elementnya dimasukkan kedalam larutan).


Bagaimana hydrogen digunakan untuk penghematan BBM ?


HHO tidak berfungsi sebagai pengganti bensin ataupun solar, hho hanya sebagai supplement yang dapat meningkatkan kwalitas fuel / bahan bakar, dengan menambahkan hho pada proses pengabutan maka akan meningkatkan angka oktannya, untuk efisiensi dan efectifitas yang tinggi perlu diperhatikan cara memasukkannya pada system air flow (aliran udara masuk ke carburator) sehingga hho bisa bercampur dengan fuel yang sudah mengabut dengan homogen, kita tahu bahwa dengan oktan yang tinggi bisa menunda bahan bakar dapat terbakar sendiri.(karena ruang mesin yang panas, dan pemampatan/kompresi).


Dengan meningkatkan oktan akan memperbesar compresi ratio, dan ketepatan pengapian pada posisi TMA sehingga tidak terjadi knocking / nglitik, dengan demikian TORSI mesin akan meningkat, tenaga dan accelerasi kendaraan juga bertambah, volume bahan bakar yang sama dengan efisiensi yang lebih baik,maka jarak tempuh yang dicapai akan bertambah, Dari referensi di internet yang pernah kami baca bensin yang ditambah hho oktannya bisa mencapai 120, sedangkan daya ledaknya hho diruang bakar /cylinder tiga kali daya ledak bensin.


Dengan sempurnanya pembakaran tidak tersisa fuel yang tidak terbakar dalam mesin, dan CO2 (carbon dioksida) di cylinder head bisa terlepas, emisi gas buang lebih bersih, setelah terjadi combustion/proses pembakaran di ruang bakar atom H2 yang bebas akan mengikat Oxygen dari udara yang masuk lewat air filter dan menjadi molekul H2O/air, dari peristiwa ini akan mengurangi temperature mesin, mesin jadi lebih dingin. System Fuel Saver/ penghematan bahan bakar yang dikembangkan pada tehnologi auto motive sudah banyak, seperti menepatkan perbandingan antara udara dan bensin (14:1), dengan system computer (ECU), memasang system EFIE, meningkatkan kompresi ratio, memasang magnet , menambahkan zat additive pada bahan bakar, dll.


Dari pengalaman pemasangan hho yang kami kerjakan efisiensi penghematan mencapai 20 - 60 %, tergantung pada kondisi dan efisiensi yang telah dicapai oleh kendaraan tsb, untuk kendaraan yang menggunakan sensor O2 harus memanipulasi tegangan listrik yang dikirimkan sensor O2 ke ECU (computer) dengan memasang MAP / MAF sensor sehingga yang dibaca oleh sensor seperti standartnya ,apabila hho di masukkan tanpa merubah/memanipulasi tegangan listrik sensor O2 maka akan dibaca ada tambahan udara, sehingga sensor memberi input pada ECU untuk menambah BBM, dan akibatnya tambah boros.



Harga 1 set HHO DRYCELL :


2 N 4-15 ( 2 stack, plat netral 4, luas plat 15 X 15 cm ) Rp. 750.000,-

2 N 5-15 ( 2 stack, plat netral 5, luas plat 15 X 15 cm ) Rp. 825.000,-

2 N 4-20 ( 2 stack, plat netral 4, luas plat 20 X 20 cm ) Rp. 1.350.000,-

2 N 5-20 ( 2 stack, plat netral 5, luas plat 20 X 20 cm ) Rp. 1.650.000,-


Untuk spd motor :

2 N 3-10 ( 2 stack, plat netral 3, luas plat 7.5 X 10 cm) Rp. 250.000,-

Untuk supply listrik diambilkan dari kabel yang untuk lampu depan agar tidak membebani pengisian accu.



Apabila berminat silahkan Hubungi kami :

HHO-Drycells

Alamat : Jl. Mayjend Sungkono 5/42, Tulungagung, Jawa Timur
Phone/sms : 082143000051 / 087858911217
E-mail : widjayadi@yahoo.com

Selamatkan Bumi kita dengan mengurangi emisi gas buang kendaraan anda!!!